Tips Kehamilan Sehat pada Trimester Kedua

Saat Anda memasuki trimester kedua kehamilan, biasanya ada beberapa perubahan pada tubuh Anda. Hal ini disertai dengan perkembangan ukuran janin yang semakin besar.

Pada titik ini, ibu tidak lagi menderita. mual di pagi hari Tapi rentan keguguran. Oleh karena itu, agar janin dalam kandungan sehat dan terhindar dari penyakit, ibu harus menjaga kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat selama trimester kedua.

1. Lakukan pemeriksaan USG dan laboratorium secara teratur

Ketika janin berusia 18 hingga 20 minggu, USG harus digunakan untuk menentukan pertumbuhan dan lokasi bayi serta menentukan perkiraan tanggal lahir.

Selain itu, sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan laboratorium selama kehamilan untuk mendeteksi adanya penyakit yang dapat membahayakan janin yang dikandungnya. Misalnya, infeksi, anemia, diabetes, dll.

2. Penuhi asupan nutrisi harian Anda.

Selama kehamilan, Anda tidak hanya membutuhkan makanan untuk diri sendiri, tetapi juga makanan untuk janin dalam kandungan Anda. Oleh karena itu, agar janin tumbuh sehat dan optimal, maka perlu mengonsumsi makanan yang bergizi.

Nutrisi yang Anda butuhkan antara lain:

  • Makanan kaya vitamin D untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin Anda
  • Omega-3 untuk perkembangan jantung, mata, otak dan sistem saraf pusat janin
  • Asam folat untuk menghindari risiko cacat lahir
  • zat besi, yang membantu dalam produksi sel darah merah
  • Kalsium untuk mendukung pembentukan dan kompresi tulang

3. Minum suplemen tambahan yang direkomendasikan oleh dokter Anda

Selain makanan yang bergizi, perlu juga mengonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan, menambah gizi, serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga :  Serabi Kalibeluk Khas Batang yang Manis dan Gurih

Tapi jangan hanya mengonsumsi suplemen. Pastikan suplemen yang Anda konsumsi direkomendasikan oleh dokter Anda untuk menghindari bahaya pada bayi Anda yang belum lahir.

4. Peregangan dan olahraga teratur

Nyeri, pegal dan kram merupakan keluhan yang umum dialami ibu hamil pada trimester kedua.

Untuk mengatasinya, regangkan otot betis dan punggung atas Di pagi hari.

Anda juga bisa mengobati sakit punggung dengan melakukan olahraga teratur, seperti yoga atau pilates.

5. Menjaga kebersihan tubuh

Perubahan hormon selama kehamilan dapat membuat Anda berkeringat berlebihan atau menyebabkan kondisi seperti penyakit gusi/gingivitis atau gingivitis. Oleh karena itu, perlu menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari berbagai kuman dan kuman penyebab penyakit.