Cara Meditasi Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Kamu Tenang Semalaman

Bagi sebagian orang, menjadi sulit untuk tertidur. Berbagai cara, termasuk mematikan lampu, menggunakan ranjang empuk, dan menahan diri untuk tidak makan sebelum tidur, tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Tapi jangan putus asa dulu, Marshalova. Dalam hal ini, sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan meditasi sebelum tidur.

Meditasi lebih dari sekadar menenangkan pikiran dan melatih pernapasan. Aktivitas tersebut jelas dianggap mampu meningkatkan kualitas tidur, termasuk mengurangi risiko insomnia yang dialami sebagian besar orang dewasa. Lantas, bagaimana teknik meditasi yang benar agar bisa tidur nyenyak kembali?

Banyaknya manfaat meditasi sebelum tidur

Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine pada tahun 2015 menemukan bahwa meditasi dapat mempengaruhi 49 orang dewasa dengan masalah tidur. Untuk melihat hasilnya, banyak peneliti menganalisis partisipan yang mengalami masalah tidur, seperti insomnia. Di akhir penelitian, kelompok yang bermeditasi cenderung tidak mengalami kelelahan dan insomnia di siang hari.

Kemudian, meditasi juga dapat meningkatkan sistem saraf otonom Anda (saraf yang mengurangi seberapa mudah Anda bangun). Hal ini juga mempengaruhi stres jangka panjang yang sering mengganggu waktu tidur. Manfaat lain dari meditasi adalah mengaktifkan bagian otak yang merangsang produksi melatonin (hormon tidur), menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengatur jadwal tidur.

Anda juga dapat menerapkan meditasi yang tepat untuk membantu Anda tidur. Kemudian ada tiga jenis meditasi yang diperkenalkan. Ini termasuk meditasi kesadaran, meditasi pemindaian tubuh, dan meditasi terbimbing.

Baca Juga :  Beberapa Aplikasi yang Dapat Membantu Olahraga di Rumah

Cara bermeditasi sebelum tidur di rumah

Cara bermeditasi sebelum tidur

Untuk menuai manfaat meditasi sebelum tidur, tentunya Anda harus melakukan aktivitas tersebut di bawah bimbingan seorang profesional. Katie Chamberlain Kritikos, instruktur yoga dan penulis bersertifikat dari Milwaukee, AS, membagikan 5 langkah meditasi yang dapat Anda praktikkan untuk mencapai kualitas tidur, di antaranya:

hitung mundur dari 100

Teknik menghitung cukup umum untuk mempercepat kantuk. Namun, Katie menyarankan menghitung dari 100 sebagai lawan menghitung domba. Jika Anda tiba-tiba berhenti di tengah, terus ulangi. Berkonsentrasilah pada meditasi sampai Anda benar-benar tertidur.

fokus pada satu objek

Pada tahap ini, Anda dapat membayangkan orang yang dicintai, tempat atau warna favorit, atau hal-hal menyenangkan yang akan membuat Anda tetap fokus. Kosongkan pikiran Anda dan fokus padanya. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana perasaan Anda ketika Anda memikirkannya.

ucapkan mantra yang menenangkan

Mengucapkan mantra yang menenangkan pikiran Anda, seperti bersyukur untuk hari ini atau sekadar berterima kasih berulang kali, benar-benar dapat membantu menjernihkan pikiran Anda setelah hari yang sibuk. Anda akan tertidur perlahan tapi pasti.

latihan pernapasan yoga

Latihan pernapasan ini, juga dikenal sebagai pranayama, dilakukan dengan menghirup melalui lubang hidung dan kemudian menarik udara ke bagian belakang tenggorokan sebelum menghembuskannya, menciptakan BizWeb.co.id seperti gelombang. Ulangi selama 2-3 menit untuk menghangatkan tubuh Anda.

Mulailah bermeditasi dengan perlahan

Pernahkah Anda bermeditasi sebelum tidur? Tidak perlu terburu-buru. Khusus untuk penderita insomnia, Anda bisa memulainya secara perlahan untuk hasil yang maksimal. Mula-mula, bermeditasilah selama 3-5 menit, lalu tingkatkan menjadi 15-20 menit jika sudah terbiasa.

Itulah sederet manfaat dan cara berlatih meditasi. Semoga Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan siap untuk aktivitas sehari-hari Anda!

Baca Juga :  Ini 5 Klinik Perawatan Kulit Populer di Indonesia, Kamu Pilih Mana?