Nafas Pendek Pasca COVID-19? Ini Cara Mengatasinya!

Virus corona menginfeksi tubuh kita, menyerang paru-paru dan saluran pernapasan kita. Virus menyebabkan berbagai gejala tergantung pada kondisi fisik individu, dan tingkat keparahannya bervariasi. Terkadang virus ini dapat menyebabkan kerusakan yang sangat serius pada saluran pernapasan, salah satunya adalah sesak napas. Virus ini sering menyebabkan pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), yang menyebabkan kerusakan paru-paru serius.

Jika rusak, paru-paru dan saluran pernapasan dapat memperbaiki dirinya sendiri, tetapi perbaikan ini mungkin memerlukan perawatan dan pelatihan selama beberapa bulan setelah infeksi sembuh.

Dalam beberapa kasus, pasien tetap melaporkan gejalanya meski sudah dinyatakan sembuh. Gejala persisten yang paling sering adalah gejala pernapasan seperti batuk, sesak napas, sesak napas, dan napas berat.

Untuk membantu hal tersebut, ada beberapa teknik latihan pernapasan yang bisa Anda terapkan untuk membantu Anda mengatasi gejala sisa yang Anda rasakan setelah sembuh, terutama sesak napas.

Teknik pernapasan untuk mengatasi sesak napas

Latihan pernapasan yang dilakukan memiliki manfaat membantu mengembalikan fungsi diafragma (otot-otot pernapasan), meningkatkan kapasitas paru-paru, dan melatih kemampuan paru-paru untuk berkembang lebih optimal. Latihan pernapasan juga dapat membantu mengurangi tingkat pembentukan jaringan parut (jaringan fibrosa) di paru-paru setelah infeksi COVID-19.

Latihan pernapasan dalam juga dapat mengurangi kecemasan dan stres psikologis yang umum pada orang dengan gejala parah. Latihan pernapasan juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Latihan pernapasan berperan penting dalam proses pemulihan pasca COVID-19. Latihan ini bisa dilakukan di rumah di sela-sela aktivitas sehari-hari. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat berkonsultasi dengan profesional. Diskusikan situasi Anda dengan dokter Homecare24 Anda di sini.

Baca Juga :  Cara Memahami Label Nutrisi pada Produk Kemasan

Pernapasan diafragma (pernapasan perut)

Diafragma adalah otot di bawah paru-paru. Diafragma sering disebut sebagai otot pernapasan. Otot-otot ini berbentuk kubah dan bergerak naik turun saat Anda bernapas.

Sesak napas bisa diatasi dengan teknik ini. Pernapasan diafragma adalah teknik pernapasan dalam yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi paru-paru dengan bantuan otot diafragma. Bernapas melalui hidung dapat memperkuat diafragma.

Setelah infeksi COVID-19 teratasi, pemulihan paru-paru melalui teknik pernapasan dapat dilakukan secara bertahap. Latihan ini dibagi menjadi beberapa tahap yang berbeda dari posisi kita. Beberapa langkah latihan pernapasan dalam meliputi:

  1. infinitif
  2. bersujud
  3. duduk
  4. bangun

Mulailah dengan langkah 1 dan lanjutkan ke langkah berikutnya saat Anda dapat menyelesaikan langkah 1 latihan tanpa menambah repetisi atau merasa sesak napas atau sesak napas. Langkah-langkah untuk nafas dalam sama hanya pada posisi yang berbeda di setiap langkahnya.

fase pernapasan dalam

Tahapan latihan pernapasan dalam:

  1. Pemosisian sesuai dengan tahap pelatihan
  2. Letakkan tangan Anda di atas kapal atau di sebelahnya.
  3. Tutup bibir Anda dan letakkan lidah Anda di langit-langit mulut Anda.
  4. Tarik napas melalui hidung dan tarik napas melalui perut dengan tangan.
  5. Saat Anda menarik napas, rentangkan jari-jari Anda.
  6. Buang napas perlahan melalui hidung
  7. Ulangi napas dalam-dalam ini selama 1 menit.

Cara bernafas “menguap sambil tersenyum”

Latihan ini menggabungkan gerakan tangan dengan teknik pernapasan dalam yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan memperkuat kekuatan lengan dan bahu. Latihan ini juga membuka otot-otot di rongga dada, memberikan ruang diafragma untuk mengembang.

melangkah:

  1. Duduk tegak di tepi tempat tidur atau kursi
  2. Luruskan lengan Anda ke samping kepala dan buatlah menguap besar (buka mulut Anda).
  3. Turunkan tangan Anda dan selesaikan dengan senyuman selama 3 detik
  4. Ulangi gerakan selama 1 menit
Baca Juga :  Mencegah Infeksi corona, Hindari Kelirumologi Disinfektan!

teknik bersenandung

Bersenandung saat menghembuskan napas membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat ini adalah senyawa yang membangun dan memperbaiki sistem saraf dan melebarkan pembuluh darah, memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke seluruh tubuh.

melangkah:

  1. Duduk tegak di tepi tempat tidur atau kursi
  2. Letakkan tangan Anda di samping perahu.
  3. Tutup bibir Anda, letakkan lidah Anda di langit-langit mulut Anda dan tarik napas melalui hidung.
  4. Saat paru-paru Anda penuh, tutup bibir Anda dan hembuskan napas melalui hidung, membuat dengungan (“hmmmm”).
  5. Ulangi selama 1 menit.

Hentikan pelatihan jika:

Hentikan latihan pernapasan jika Anda mengalami salah satu gejala berikut:

  • pusing
  • sesak napas parah
  • sakit dada
  • kelelahan berlebihan
  • detak jantung tidak teratur

Jika gejala pernapasan berlanjut (dispnea) dan tidak membaik, konsultasikan dengan dokter Anda. Jika Anda tidak ingin keluar rumah, Anda bisa menggunakan konseling jarak jauh. Dengan teleconsultation, Anda dapat berkonsultasi dengan praktisi perawatan kesehatan profesional untuk saran dan pendapat berdasarkan kondisi dan kebutuhan Anda.

Referensi:

  1. Lien P. Pemulihan Coronavirus: Latihan Pernapasan. Situs web Medis Johns Hopkins. 2021 [online]
  2. Wizanity SC. Latihan pernapasan selama dan setelah COVID-19. Situs web Rumah Sakit Persahabatan. 2021 [online]
  3. Rumah Sakit Umum Daerah (RSBM) Bali Mandara. Latihan pernapasan untuk pasien COVID-19. Website RSBM BaliProv. 2021 [online]
  4. sumber foto: prepic

Ditulis oleh dr. Felicia Puspitasari

Editor: Karin Naomi