Inilah Manfaat Vitamin B Complex untuk Kesehatan

Vitamin B adalah vitamin yang berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan melalui perannya dalam metabolisme energi, perbaikan DNA, fungsi sistem kekebalan, dan kesehatan otak. Manfaat ini ditentukan oleh delapan jenis vitamin B yang bekerja sama memainkan peran penting dalam fungsi sel-sel tubuh kita.

Apa itu vitamin B kompleks?

Vitamin B tersebut adalah B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 ​​(piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin).

Masing-masing vitamin B ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Secara umum, Anda bisa dengan mudah mendapatkan vitamin B dari makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Berbagai makanan yang bisa Anda makan untuk mendapatkan vitamin B yang cukup:

  • produk susu
  • Daging (ayam dan daging merah)
  • Seafood (ikan, udang, kerang)
  • telur
  • Sayuran (bayam, brokoli, selada, kentang, dll)
  • kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Buah (semangka, jeruk, alpukat, pisang, dll)
  • Makanan yang diperkaya (sereal, minyak, susu formula, dll.)

Vitamin B Kompleks Manfat

Vitamin B kompleks membantu berbagai enzim bekerja dalam tubuh, mulai dari mengatur metabolisme energi karbohidrat dan lemak hingga memecah protein hingga mengangkut oksigen dan nutrisi. Sebelum membahas manfaat vitamin B secara keseluruhan, berikut adalah gambaran singkat tentang delapan jenis vitamin B yang menyusun vitamin B kompleks.

  • B1: Terlibat dalam pengaturan fungsi dasar seluler dan metabolisme nutrisi yang diubah menjadi energi
  • B2: Mengatur fungsi banyak enzim dalam tubuh. Kekurangan vitamin B2 jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung dan otak.
  • B3: Banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin B3 berperan dalam mencegah penyakit jantung akibat penyumbatan lemak di pembuluh darah. Vitamin B3 juga memainkan peran penting dalam kesehatan kognitif. Kekurangan vitamin B3 telah dikaitkan dengan demensia dan memori yang buruk.
  • B5: Membantu metabolisme lemak dan bertindak sebagai antioksidan.
  • B6: Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin B6 dapat membantu mencegah penyakit jantung, demensia, penyakit Alzheimer, kanker, dan mual dan muntah selama kehamilan.
  • B7: Biotin sering dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku.
  • B9: Asam folat merupakan suplemen penting yang selalu dianjurkan selama kehamilan. Konsumsi vitamin B9 telah terbukti dapat mencegah cacat tulang belakang (spondylolisthesis) dan otak (anencephaly) pada janin.
  • B12: Cobalamin bertindak sebagai pencegahan penyakit jantung dan penurunan kognitif.
Baca Juga :  Minyak Goreng Mahal? Demi Kesehatan, Ayo Ganti Cara Makan!

Bagi mereka yang membutuhkan layanan kesehatan untuk merawat diri atau keluarganya, Homecare24 hadir dengan layanan perawatan di rumah. Layanan ini membantu Anda menjaga dan menjaga kesehatan di rumah. Melalui layanan ini, Anda dapat menerima perawatan dari dokter hingga perawat terdaftar HomeCare24.

Manfaat mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk kesehatan secara umum

  1. fungsi otak yang sehat

Vitamin kelompok B secara kolektif mempengaruhi fungsi otak yang sehat dan hubungannya dengan kadar homosistein. Tiga jenis vitamin B yang dianggap berperan penting dalam menjaga fungsi fisiologis dan neurologis yang optimal adalah vitamin B9/B12/B6.

  1. kesehatan jantung dan pembuluh darah

Vitamin B kompleks bekerja pada metabolisme lemak, yang biasanya dikaitkan dengan pembentukan lemak baik dan buruk. Fungsi perlindungan vitamin B kompleks terhadap lemak jahat dalam tubuh dapat memberikan efek positif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini ditunjukkan dengan potensi vitamin B untuk mencegah penyumbatan lemak di pembuluh darah jantung.

  1. Pencegahan disfungsi kognitif

Fungsi vitamin B pada kesehatan otak berpotensi memperlambat perkembangan disfungsi kognitif. Meski diperlukan penelitian lebih lanjut, konsumsi vitamin B dinilai berpotensi memperlambat perkembangan kondisi yang menurunkan fungsi kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

  1. memperlambat proses penuaan

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan potensi vitamin B untuk memperlambat proses penuaan. Hal ini dapat dikaitkan dengan proses penyakit degeneratif seperti penuaan kulit, osteoporosis, penyakit kognitif, dan penyakit jantung.

  1. Mengurangi kelelahan dan stres

Penggunaan vitamin B dinilai mampu melawan rasa lelah dan stres. Vitamin B secara signifikan meningkatkan suasana hati dan mengurangi respons fisiologis terhadap stres.

Efek Samping Vitamin B Kompleks

Ada beberapa kemungkinan efek samping yang dapat terjadi saat mengonsumsi vitamin B kompleks. Ketidaknyamanan perut atau kemerahan pada kulit dapat terjadi. Secara umum, efek samping vitamin B kompleks bersifat sementara. Reaksi alergi terhadap vitamin B kompleks jarang terjadi, tetapi jika Anda mengalami beberapa gejala alergi, seperti gatal-gatal, pembengkakan pada area wajah, atau kesulitan bernapas, segera hubungi puskesmas terdekat.

Baca Juga :  Ternyata Inilah Pentingnya Tes HIV AIDS Sebelum Menikah

Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan berapa banyak vitamin B yang Anda butuhkan per hari. Ini akan membantu Anda memutuskan pilihan perawatan mana yang terbaik untuk Anda dan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya. Beberapa suplemen vitamin B kompleks dapat berinteraksi dengan kondisi dan obat-obatan tertentu, jadi penting untuk memberi tahu dokter Anda terlebih dahulu.

Ada baiknya Anda membatasi aktivitas di luar rumah selama masa pandemi ini. Jika Anda membutuhkannya, Anda dapat menggunakan layanan perawatan rumah multivitamin. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil vitamin Anda tanpa meninggalkan rumah.

Referensi:

  1. Kennedy juga. Vitamin B dan Otak: Mekanisme, Dosis, dan Khasiat – Tinjauan. gizi. 2016;8(2):68
  2. Mikkelsen K. vitamin B dan penuaan. Biokimia Subsel. 2018;90:451-470
  3. Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard. Sumber Nutrisi: Vitamin B. Situs web HSPH Harvard. 2022 [online]
  4. WebMD. Manfaat kesehatan dari B kompleks. Situs WebMD. 2020 [online]
  5. sumber foto: prepic

Ditulis oleh dr. Felicia Puspitasari

Editor: Karin Naomi